Tujuannya :
- Sistem operasi membuat komputer menjadi lebih mudah dan nyaman untuk digunakan.
- Sistem operasi memungkinkan sumber daya sistem komputer untuk digunakan secara efisien.
- Sistem operasi harus disusun sedemikian rupa sehingga memungkinkan pengembangan yang
efektif pengujian dan penerapan fungsi baru tanpa mengganggu layanan yang sudah ada.
2. 1. Aspek Ukuran : Besar, kecil
2. Aspek Tujuan : Umum, Khusus ; umum dan khusus sistem operasi yang dibuat berlaku secara umum khusus, dibuat untuk bidang masing-masing.
3. Aspek Kegiatan : majemuk, tunggal, jamak, multi programming hanya satu orang, jamak
dapat digunakan banyak orang.
4. Struktur system operasi
3. - Kelas 1, pemakai tunggal
- Kelas 2, operasi berbentuk tumpukan
- Kelas 3, operasi olahan segera (realtime)
- Kelas 4, operasi multi proses
- Kelas 5, operasi berbagi waktu dan multi programming
- Kelas 6, operasi tersebar
4. 1. Pengaturan Memory
- mengawasi bagian-bagian memori, lokasinya, statusnya, besarnya, bila terpakai siapa
pemakainya.
- menetapkan kebijaksanaan alokasi.
- memperbaharui informasi tentang status bagian memory.
2. Pengaturan Prosesor
- mengawasi status prosesor
- menarik kembali pemakaian prosesor bila sudah tidak dipergunakan.
- menyerahkan penggunaan prosesor dengan cara mengisi register-register yang perlu di
isi.
3. Pengaturan peralatan I/O
- mengawasi status peralatan I/O beserta kelengkapannya ( Channel)
- mengatur cara dan jadwal pemakaian peralatan I/O
- menyerahkan pemakaian peralatan I/O
4. Pengaturan informasi (system file)
- menarik kembali dan menyimpan infomasi
- melepaskan atau memberikan informasi, umpamanya dengan cara membuka suatu file
tertentu
- menetapkan proses-proses yang boleh mendapatkan informasi tertentu
5. 1. Struktur sederhana
Tidak memiliki struktur yang cukup baik, berukuran kecil dan sederhana
2. Struktur Monolitik
Sistem operasi sebagai kumpulan prosedur dimana prosedur dapat saling dipanggil oleh
prosedur lain di sistem bila diperlukan
3. Sistem berlapis
Teknik ini dibuat dengan merancang sistem operasi berbentuk modular
4. Virtual mesin
Mirip dengan pendekatan berlapis dengan tambahan berupa antar muka yang
menghubungkan hardware dengan kernel untuk tiap-tiap proses
5. Client server
Konsep sistem operasi diimplementasikan dengan menjadikan fungsi-fungsi yang ada pada
SO di server menjadi User Process
6. Sistem berorientasi objek
6.
7. - Waktu cari, waktu untuk mencapai lintas atau slinder yang dikehendaki
- Waktu mantap, waktu untuk hulu tulis baca menjadi mantap di lintas atau slinder
- Waktu latensi, waktu untuk mencapai hulu tulis baca
- Waktu salur, waktu untuk menulis atau membaca isi sektor
- Serta gabungan waktu yaitu waktu inkuiri dan waktu pemutakhiran atau pergantian
8. 1. Algoritma pertama tiba pertama dilayani (PTPD)
2. Algoritma PICK UP
3. Algoritma waktu cari terpendek dipertamakan (WCTD)
4. Algoritma Look
5. Algoritma circular look
6. Algoritma scan
7. Algoritma circular scan
9. Proses adalah tugas yang telah dijadwalkan untuk menemukan prosesor
Tidak ada komentar:
Posting Komentar